Kamis, 09 Mei 2013

Selamat Hari Raya Kenaikan Isa Al-Masih

“Perubahan Menyeluruh”

Dari beberapa macam “kenaikan”, entah itu kenaikan jabatan, kenaikan kelas, kenaikan harga ataupun kenaikan-kenaikan lainnya tentu memiliki arti yang sangat khusus bagi yang mengalaminya. Di sisi lain, “kenaikan” sudah tentu diikuti dengan munculnya sebuah perubahan.
Selain itu, sebagai bentuk ucapan rasa syukur dari suatu “kenaikan” selalu diwarnai dengan berbagai kegiatan. Ada yang merayakan dengan cara berpesta, ada yang merayakan dengan mengadakan upacara keagamaan, ada yang merayakan dengan meditasi, dan msaih banyak lagi.
Hari ini umat Katholik merayakan sebuah “kenaikan”. Tepatnya hari Kenaikan Isa Al-Masih. Sama seperti moment kenaikan-kenaikan lainnya, Kenaikan Isa Al-Masih juga dirayakan dan tentunya ditandai dengan sebuah perubahan. Perubahan secara menyeluruh tidak hanya pada jasmani tetapi juga rohani. Kenaikan Isa Al-Masih adalah peristiwa reinkarnasi kedua setelah peristiwa natal. Ketika pada peristiwa Natal, Allah menjadi manusia sedangkan pada peristiwa Kenaikan Isa Al-Masih moment itupun dibalik. Manusia diangkat dan diubah dalam wujud Allah. Sebuah peristiwa totalitas perubahan yang luar biasa!
Sebagai orang nasrani, kiranya merayakan “kenaikan” ini tidak hanya pada merayakan atau mengikuti upacara di gereja. Kaum nasrani diajak untuk ikut berpartisipasi dalam tugas perutusan “kenaikan”. Kaum nasrani mesti memaknai peristiwa ini lebih dari sebuah “kenaikan” biasa.
Memaknai “kenaikan” hendaknya ditandai dengan kepedulian kepada sesama, kepedulian terhadap lingkungan sekitar dan yang lebih luas tentunya kepedulian terhadap kondisi negara dan bangsa. Tentu hal ini tidak mudah. Tidak seperti kita membalik telapak tangan dan mengharapkan perubahan. Kita hendaknya mengikuti teladan Isa Al-Masih yang secara totalitas percaya dan menyerahkan diri kepada Allah untuk diubah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar